Senin, 14 Desember 2009

Raih Gelar Sarjana Setelah 70 Tahun

http://tarmizise.files.wordpress.com/2009/05/toga3.jpg
Ilustrasi

CALIFORNIA - Meraih gelar sarjana seringkali menjadi impian banyak orang. Namun apa jadinya jika untuk meraih gelar tersebut, seseorang harus menunggu selama 70 tahun.

Kondisi ini dialami oleh 42 mantan mahasiswa University of California, Berkeley, Amerika Serikat, yang baru meraih gelar sarjana setelah tujuh dekade terlewat. Sebanyak 42 mantan mahasiswa ini sebelumnya harus meninggalkan bangku kuliah saat perang dunia kedua berkecamuk.

Mantan mahasiswa yang sebagian besar merupakan warga AS keturunan Jepang ini, menghadiri pengukuhan pemberian gelar di usia 80 tahun. Upacara pengukuhan dilakukan pada hari minggu di Universitas California Berkeley. Seperti diberitakan AP, Selasa (15/12/2009).

Selain para wisudawan, pengukuhan ini juga dihadiri keluarga dari 78 mantan mahasiswa yang sudah meninggal atau sudah tidak kuat untuk menghadiri upacara.

Pemerintah AS pada 1942 mengirimkan lebih dari 120,000 warga keturunan Jepang ke kamp tahanan yang tersebar di wilayah barat AS. sebanyak 2.500 mahasiswa yang terdaftar juga termasuk dalam program tersebut.

Univesitas California dan Universitas Negeri California kini memberikan gelar sarjana bagi para mantan mahasiswa tersebut. Pemberian gelar masih akan terus diberikan hingga beberapa bulan mendatang.(okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar